Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Modal Blogger dan Warnet

Modal Blogger untuk mendapatkan uang atau penghasilan dari internet itu apa saja sebenarnya? 

Berapa sebenarnya modal uang yang di perlukan oleh seorang blogger untuk mendapatkan uang dari kegiatan blogging?

Jika pertanyaan ini menjadi pertanyaan anda maka jawabannya insyaallah akan dapat anda temukan dalam artikel ini.


Perbandingan Modal Blogger dan Modal Warnet


Postingan kali ini kami akan mengulas tentang modal yang dibutuhkan oleh seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan di internet sekaligus memberikan informasi perbandingan modal yang di perlukan untuk membangun usaha warnet, warung internet.

Ide tulisan ini admin dapatkan setelah melihat seorang teman yang membangun usaha warung internet dan kegiatan blogging yang kami lakukan.

Keduanya dapat kami simpulkan sama-sama melakukan sebuah investasi, walaupun mungkin sifatnya masih sederhana, dalam usaha untuk meraih penghasilan.

Tenttu saja selain dunia warnet cukup erat kaitannya dengan dunia blogging juga karena saat ini masih cukup banyak para blogger yang menggunakan jasa warnet untuk membangun blo dalam rangka meraih penghasilan dari dunia online, internet. 

Perbedaan keduanya adalah Investasi membuat blog berada di ranah online sedangkan membangun sebuah warnet atau warung internet berada di ranah offline. 

Namun keduanya memiliki tujuan yang sama, berupaya meraih penghasilan secara halal tanpa melanggar hukum agama dan negara.

Mari kita mulai untuk mencoba membandingkan usaha investasi membangun blog dan warnet. 

Kita akan mulai perbandingan ini dengan menggunakan sarana dan prasarana yang minimal dari keduanya. 

Termasuk masalah budget yang harus di sediakan, potensi penghasilan yang akan di dapatkan serta permasalahan yang ada di kedua jenis investasi ini.

Modal Blogger


1. Modal Blogger
Dalam konteks perbandingan investasi blog dan warnet ini, kami bicara tentang membangun sebuah blog yang berisi konten berupa artikel, gambar dan atau video dalam bahasa Indonesia. 

Namun tidak menutup kemungkinan jika kamu dapat menulis sebuah artikel ke dalam bahasa inggris kamu juga dapat melakukannya. 

Membuat blog dalam bahasa internasional seperti menggunakan bahasa Inggris akan lebih baik. Tentu saja jika kamu dapat melakukannya.

Modal blogger paling utama adalah pengetahuan. Jika kamu ingin mendapatkan uang dari kegiatan blogging maka pengetahuan kamu tentang membuat sebuah blog adalah mutlak di perlukan.

Untuk membangun sebuah blog membutuhkan kemampuan minimal, seperti mengerti akan pembuatan blog,  mengetahui cara memasang template dan membuat artikel untuk mengisi postingan. 

Tidak di butuhkan tempat yang khusus untuk membangun sebuah blog. Jika kamu mempunyai sebuah komputer atau laptop dan terkoneksi internet, maka kamu telah mempunyai sarana yang cukup untuk mulai membangun blog.

Namun demikian, jika kamu mengharapkan untuk dapat segera memiliki penghasilan dalan jangka waktu 3-6 bulan sejak kamu membuat blog, maka kamu harus menyiapkan dana yang cukup besar untuk membangun sebuah blog. 

Dana terbesar tersebut di persiapkan untuk membeli keyword, kata kunci dan konten dalam bentuk artikel yang nantinya akan kamu taruh ke dalam blog.

Dana terbesar yang kamu butuhkan untuk berinvestasi melalui blog adalah dengan membeli keyword dan artikel melalui jasa penulisan artikel. 

Setidaknya kamu membutuhkan 100 artikel dengan kualitas SEO Onpage yang relatif baik agar kamu mampu mendapatkan penghasilan rutin perbulan.

Penghasilan akan dapat kamu terima melalui beragam cara monetisasi, seperti program penghasil uang google Adsense dan Affiliasi.

Rincian Biaya Modal Blogger :
1. Mempunyai PC/Laptop Harga : 7 Juta;
2. Mempunyai koneksi internet sendiri; Modem Harga : Rp. 350.000,- Pulsa GSM Rp. 150.000,-/bulan
Bisa juga sewa warnet 2/hari x Rp. 2.500,-/jam x 30 hari = Rp. 150.000,-/bulan. dengan demikian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli PC/Laptop + Modem untuk internet
3. Membuat blog di jasa pembuatan website : Harga : Rp. 350.000,- Domain TLD + Hosting blogspot + Premium Template ATAU Rp. 650.000,- Domain TLD + Hosting (2 Gb Space + 100 Gb Bandwith Free untuk 1 Tahun pertama). 

Semakin banyak artikel dan pengunjung di blog Anda, maka Anda memerlukan space dan bandwith hostingg yang lebih besar.

Jika kamu telah memiliki kemampuan untuk membuat blog sendiri, maka kamu dapat mengurangi biayanya. 

Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa domain TLD saja di kisaran harga 100 ribu.
4. Membeli Artikel; 1 buah artikel dengan 500 kata, biasa di hargai dengan harga Rp. 15.000,-/artikel. Anda harus memiliki 100 artikel. 

Oleh karenanya kamu harus memiliki dana sebesar 1,5 juta rupiah untuk membeli artikel-artikel ini.

Kamu dapat menulis artikel sendiri, hitung kemampuan kamu untuk dapat membuat artikel sebanyak 100 artikel dalam waktu 3 bulan, maksimal dalam 6 bulan. 

Rata2 Anda harus mampu membuat  artikel sejulah 5-10 artikel setiap hari.
5. Membeli akun google AdSense di kisaran harga Rp. 350.000,- ATAU Anda dapat membuatnya sendiri. 

Dengan jumlah artikel yang cukup dan tidak melanggar TOS Google Adsense maka Anda akan mampu memiliki Akun Google AdSense tanpa menegluarkan biaya.

6. Rawat blog Anda dengan sabar dan tekun dengan cara terus mengisi artikel dengan tulisan sendiri tanpa copy paste tulisan orang lain secara berkala.

Jumlah Modal yang di perlukan =  10 Juta rupiah.

Jika ke 6 hal tersebut Anda jalani dengan maksimal, kami yakin  paling lambat dalam 6 bulan ke depan, blog Anda telah menjadi suatu investasi yang menghasilkan dalam setiap bulannya, minimal akan dapat menghasilkam sebesar $100/bulan atau 1 juta 300 ribu secara rutin.

Modal Warnet


Modal Warnet (Warung Internet)
1. Sewa Tempat Usaha ; Kisaran harga sewa tempat usaha untuk warnet ini berkisar antara 15-25 juta Rupiah/tahun. 

Tergantung dari daerah, luas tempat usaha dan letaknya. Namun secara umum dengan biaya sebesar 15 juta Rupiah, Anda telah mampu memiliki tempat usaha.

Jika Anda telah memiliki tempat usaha sendiri, seperti di rumah misalnya, maka biaya sewa ini tidak lagi Anda perlukan. 

2. Membeli peralatan komputer sebanyak 10 unit beserta instalasinya; Biaya ini tergantung juga dengan unit komputer yang akan di gunakan. 

Semakin tinggi tingkat spesifikasi komputer, maka semakin tinggi pula biaya yang di butuhkan. 

Namun secara rata-rata dengan memiliki dana sebesar 30 juta rupiah Anda telah dapat memiliki 10 unit komputer beserta instalasinya.

3. 1 unit komputer untuk server dan biling; Sebesar 5 juta rupiah 

4. 11 buah kursi dan Meja, rata-rata memerlukan dana 300 ribu rupiah per unitnya = 3, 3juta rupiah

3. 1 buah printer; 1 unit printer dengan harga 500 ribu rupiah 

4. 1 rim kertas hvs; 30 Ribu Rupiah
Jumlah Modal =  Rp. 53.830.000,- (Lima Puluh Tiga Juta Delapan Ratus Tiga Puluh Ribu Rupiah)

Jika hal ini yang Anda kerjakan, dalam waktu 3-6 bulan setelah Anda memiliki usaha warnet ini, Anda akan mulai memiliki penghasilan di kisaran 1,5 juta perbulan.

Demikian modal Blogger yang diperlukan dan di butuhkan. Dengan membuat perbandingan modal yang di butuhkan untuk Blogger dan warnet kami berharap pengetahuan dan pengalaman anda semakin bertambah 

Tidak ada hasil instan tanpa perjuangan dan pengorbanan. Semua memerlukan usaha, perlu proses dan waktu di dalamnya.

Jika anda, kita semua, fokus dalam membangun usaha, apapun bentuknya, kami yakin pada saatnya hasil akan mendatangi anda dan kita semua.

Tetap semangat. Salam sukses untuk kita semua

Posting Komentar untuk "Perbandingan Modal Blogger dan Warnet"