Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tantangan Kewirausahaan di Indonesia Era Global

Tantangan kewirausahaan di Indonesia era global saat ini semakin besar. Era pasar bebas membuat setiap negara mendapatkan kebebasan untuk melakukan penetrasi pasar ke negara mana saja yang di inginkan.

Kemampuan masyarakat Indonesia menggunakan bahasa internasional, Inggris, sampai saat ini, saat artikel di tulis, secara umum masih rendah. 

Hal ini menjadi salah satu persoalan yang cukup berat untuk wirausahawan Indonesia dapat bersaing di ranah global.

6 Tantangan Wirausahawan Indonesia

Belum lagi kebijakan pemerintah pusat yang belum terlihat melindungi pengusaha lokal dalam beragam kegiatan usaha.

Hasil riset menyatakan bahwa jumlah pengusaha atau wirausahawan di Indonesia saat ini masih sangat sedikit. Tidak sesuai dengan jumlah penduduk yang besar. 

Jika di bandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand maka jumlah wirausahawan Indonesia masih kalah besar.

Menurut data statistik jumlah pengusaha Indonesia hanya berkisar 1,56% dari jumlah penduduk, saat artikel ini di tulis.

Cukup kecil jika di bandingkan dengan Malaysia yang mempunyai jumlah pengusaha sebesar 4% atau Negara Thailand sebesar 4,51% dan Singapura yang memiliki jumlah pengusaha sebesar 7,2% dari jumlah penduduk usia produktifnya.

Sebenarnya untuk hal-hal tertentu, seperti masalah semangat kewirausahaan, masyarakat Indonesia cukup baik dan dari tahun ke tahun semangat kewirausahaan tersebut semakin membesar. 

Namun memang untuk dapat menjadi seorang pengusaha atau seorang wirausahawan yang baik dan berhasil membutuhkan keseriusan, ketekunan dan kesiapan untuk berani menghadapi berbagai tantangan. 

Tentu di dalamnya membutuhkan peran pemerintah untuk dapat menciptakan iklim usaha yang baik dan sehat.

6 Tantangan Kewirausahaan di Indonesia Era Global


Saat ini setidaknya ada 6 Tantangan kewirausahaan di Indonesia. Segenap usahawan dan calon usahawan kami kira harus mengetahui tentang hal ini.

Informasi lebih lanjut seperti di bawah ini :

1. Penegakan Hukum
Masalah penegakan hukum adalah hal yang sangat penting yang seharusnya menjadi skala prioritas pemerintah untuk segera dapat memperbaikinya. 

Penegakan hukum  masih menjadi suatu permasalahan yang besar di Indonesia sehingga belum dapat memberikan kepastian usaha secara maksimal kepada para pengusaha. 

Aspek penegakan hukum adalah masalah yang sangat krusial di berbagai bidang termasuk dalam bidang usaha. 

Jika hal tersebut terus berlanjut bagaimana pengusaha dan wirausahawan dapat mengembangkan bisnis dan usahanya di berbagai daerah jika penegakan hukum masih menghambat? 

2. Makro Ekonomi Stabil
Untuk menumbuhkan iklim berusaha yang baik di butuhkan pertumbuhan makro ekonomi secara stabil. 

Sekali lagi ini menjadi tugas pemerintah agar dapat secepatnya membuat pertumbuhan ekonomi dapat bergerak secara stabil dan pasti.

Bagaimana pengusaha dapat menjalankan usahanya dengan baik jika pertumbuhan makro tidak berjalan dengan baik dan tidak pasti di karena kan naik turunnya perubahan ekonomi secara tidak menentu?

3. Masalah Infrastruktur 
Masalah infrastruktur seakan menjadi suatu permasalahan yang klasik di Indonesia. Suatu permasalahan yang telah lama di alami namun perubahan ke arah perbaikannya seakan tidak ada sama sekali. 

Padahal perbaikan infrastruktur adalah salah satu hal yang sangat penting bagi masyarakat khususnya bagi para wirausahawan di karenakan biaya transportasi untuk melakukan pengiriman suatu produk dari tempat produksi ke tempat penjualan atau distribusi adalah termasuk biaya terbesar yang harus di keluarkan dalam melakukan usaha.

Bagaimana para wirausahawan dapat bersaing dengan baik di tingkat harga jual suatu produk jika ongkos transportasi menjadi lebih besar dari yang seharusnya di karenakan buruknya sistem transportasi di Indonesia?

4. Regulasi dan Aturan
Selayaknya pemerintah pusat dan pemerintah daerah tidak lah membuat regulasi dan aturan yang mempersulit berkembangnya para wirausahawan untuk berusaha. 

Seharusnya pemerintah pusat dan pemerintah daerah memberikan aturan-aturan yang lebih baik, untuk dapat mendorong secara lebih maksimal tumbuh dan berkembangnya para wirausawan di Indonesia.

Jangan lah para wirausahawan belum apa-apa sudah di bebani dengan segala pengeluaran yang tidak terlalu penting seperti keharusan adanya mengurus surat-surat formal agar usahanya dapat berjalan seperti juga pajak dan hal lainnya. 

Pengusaha tidak membutuhkan surat-surat formal tersebut terlebih lagi untuk para wirausahawan yang baru memulai. 

Seharusnya pemerintah berterima kasih dan merasa terbantu atas hadirnya para wirausahawan ini bukan malah sebaliknya mempersulit mereka.

5. Tersedianya Layanan Finansial
Tersedianya layanan finansial yang baik khususnya bagi para pengusaha pemula sangat di butuhkan agar para pengusaha pemula dapat memperoleh kesempatan yang sama untuk mendapatkan tidak saja hanya permodalan namun juga pendampingan usaha di dalam segi manajemen pengaturan keuangan misalnya. 

Jika hal ini dapat tercipta dengan baik niscaya akan lahir wirausahawan-wirausahawan baru yang lebih besar lagi yang akhirnya akan mendatangkan kemajuan bagi Indonesia.

6. Tenaga Kerja Terampil
Tenaga kerja yang terampil memang juga menjadi salah satu permasalahan dan tantangan yang harus di hadapi oleh para wirausahawan karena memang tenaga kerja yang terampil di butuhkan untuk mengembangkan suatu usaha, terlebih jika usaha tersebut dalam lingkup sebuah industri. 

Di butuhkan penambahan dan perbaikan-perbaikan di tingkat Balai Latihan Kerja misalnya agar setiap lulusannya mampu mendapatkan pengetahuan yang di butuhkan oleh pasar kerja.

Mari segenap para usahawan dan calon usahawan kita fokus terhadap hal-hal yang dapat kita kendalikan.

Sembari menunggu kebijakan pemerintah yang lebih baik mari kita terus berusaha untuk dapat berbuat yang terbaik bagi diri pribadi, keluarga dan bangsa ini.

6 Tantangan kewirausahaan di atas adalah kendala yang harus berani di hadapi oleh segenap para wirausahawan. 

Sebagai pengusaha yang memiliki jiwa yang tangguh, 6 tantangan tersebut harus lah tetap di hadapi sembari berusaha untuk mencari jalan keluar dan berharap adanya perubahan kebijakan ke arah yang lebih baik.

Bagi pengusaha, tantangan adalah sesuatu hal yang biasa karena dengan adanya tantangan tersebut akan mampu membuat seorang pengusaha lebih matang dalam bidangnya dan dapat mengambil sebuah peluang untuk menumbuh kembangkan usahanya.

Jika Anda berminat untuk menjadi seorang wirausahawan atau pengusaha Anda harus mau untuk belajar menghadapi semua tantangan di dalam hidup Anda. 

Karena pada masanya Anda akan menghadapi tantangan-tantangan yang lebih dahsyat lagi dalam berusaha. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Tantangan Kewirausahaan di Indonesia Era Global"