Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Amalan Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan atau puasa untuk tahun ini akan datang sebentar lagi. Tidak sampai hitungan 1 minggu ke depan, Insyaallah bulan ramadhan akan datang. 

Pada kesempatan posting kali ini kami akan menuliskan 8 amalan bulan ramadhan yang selayaknya di lakukan oleh kaum muslimin dan muslimat. 

Mari kita sambut bulan ramadhan dengan hati yang senang. Mari kita berupaya untuk dapat menjalankan ibadah puasa tahun ini lebih baik lagi.

8 Amalan Bulan Ramadhan

Untuk menambah wawasan anda sekaligus menambah amal ibadah kita bersama di bulan puasa artikel tentang amalan bulan ramadhan kami buat untuk anda.

8 buah amalan di bulan ramadhan yang selayaknya harus di lakukan oleh segenap kaum muslimin dan muslimat dalam rangka meningkatkan rasa taqwa kepada ALLAH SWT sebagai tujuan berpuasa adalah seperti di bawah ini :

1. Sahur
Sahur adalah amalan atau kegiatan yang selayaknya di lakukan di bulan ramadhan. 

Sahur adalah sebuah ibadah sunnah dari Nabi Muhammad SAW yang selayaknya di lakukan oleh segenap kaum muslimin dan muslimat yang akan melakukan ibadah puasa. 

Hikmah sahur di antaranya adalah untuk memberikan kekuatan kepada tubuh bagi seorang hamba yang akan berpuasa, agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik.

2. Berbuka Puasa
Saat berbuka puasa adalah saat yang di nanti oleh segenap kaum muslimin dan muslimat yang telah melakukan ibadah puasa dari pagi hingga petang, menahan haus dan lapar. 

Di sunnahkan untuk menyegerakan berbuka puasa, bilamana telah dapat di pastikan bahwasanya waktu untuk berbuka puasa telah datang.

Berbuka lah dengan meminum dan makan makanan yang manis sebagai pembuka berbuka puasa. 

Jangan makan yang berlebihan agar perut tidak sakit. Agar setelah berbuka puasa dapat melaksanakan kewajiban sholat maghrib pada waktunya.

3. Tadarus
Di sunnahkan oleh baginda nabi Muhammad SAW untuk melakukan tadarus di sepanjang hari puasa. 

Tadarus adalah membaca alqur'an maupun mendengarkan bacaan alqur'an yang di baca oleh orang lain. 

Hikmah yang ada di dalam tadarus ini adalah dalam rangka untuk membiasakan diri di setiap hari untuk senantiasa mengingat ALLAH SWT dalam setiap keadaan.

Selain itu dengan terbiasanya membaca dan mendengarkan alqur'an, secara langsung atau tidak langsung akan dapat membuat bacaan qur'an kita dapat menjadi lebih baik. 

Tentu saja pahala yang berlimpah, Insyaaallah akan kita dapatkan dari aktifitas tadarus ini.

4. Sedekah
Sedekah adalah pemberian sesuatu barang atau hal lain yang sifatnya memberikan manfaat dan membuat orang yang menerimanya merasakan senang. 

Ibadah sedekah dapat di lakukan oleh siapa saja, kapan saja. Karena sedekah tidak menuntut waktu dan keadaan serta sesuatu yang akan di sedekahkan.

Memberi senyuman kepada seseorang sehingga seseorang tersebut merasa senang, hal tersebut pun, Insyaallah sudah bernilai ibadah. 

Memberikan atau menularkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi orang lain pun telah dapat di namakan melaksanakan ibadah sedekah.

Jika memiliki tenaga dan waktu yang cukup, kedua hal tersebut pun dapat di jadikan sebagai sarana untuk bersedah. 

Semisal, membersihkan Masjid atau Mushola. Jadi, sedekah tidak mutlak di lakukan oleh mereka yang mempunyai materi saja. Orang yang tidak memiliki materi pun tetap dapat bersedekah.

5. Giat beribadah
Di bulan ramadhan yang penuh ampunan dan rahmat ini selayaknya seorang muslim dan muslimat berusaha untuk terus menerus untuk meningkatkan ibadahnya. 

Giat lah beribadah di bulan ramadhan yang sebentar lagi akan datang melebihi bulan-bulan lainnya. 

Karena nilai ibadah di bulan ramadhan meningkat puluhan kali lipat jika di lakukan dengan rasa ikhlas karena ALLAH SWT.

6. Banyak Berdo'a
Perbanyak lah berdo'a yang baik-baik di bulan ramadhan ini karena bulan puasa adalah bulan, di mana seluruh keistimewaan berkumpul di dalamnya. 

Bulan ramadhan adalah bulan ijabah, di mana setiap do'a akan di kabulkan oleh sang maha pencipta,  ALLAH SWT.

7. Tarawih
Sholat tarawih adalah salah satu sholat sunnah yang di anjurkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW untuk dapat di laksanakan oleh segenap umat muslim dan muslimat. 

Pahala sholat sunnah tarawih ini sangat besar. Dengan melaksanakannya secara penuh, semoga tujuan dari berpuasa dapat lebih cepat terkabulkan.

8. I'tikaf
I'tikaf artinya adalah berdiam diri dalam waktu tertentu di bulan ramadhan dalam rangka mendekatkan diri kepada ALLAH SWT. 

Biasanya i'tikaf ini dilakukan oleh segenap kaum muslim di mushola atau masjid. Tidak lain tujuannya adalah untuk menjemput rahmat ALLAH SWT. 

Di dalamnya mencoba meraih dan menemukan Lailatul Qodar, malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Demikanlah 8 amalan bulan ramadhan yang selayaknya dapat kita laksanakan dengan maksimal. 

Semoga puasa tahun ini dapat membuat kita menjadi manusia-manusia yang lebih baik lagi di hadapan ALLAH SWT. Aamiin..
Simak juga 7 Mayor Produksi Film

Posting Komentar untuk "8 Amalan Bulan Ramadhan"