Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Aset Digital

Cara Membangun Aset Digital - Sebagaimana telah di ketahui definisi aset secara sederhana adalah Suatu sumber ekonomi yang kelak di harapkan dapat memberikan suatu manfaat. 

Berbagai jenis aset dapat kita ketahui secara jelas seperti emas, tanah, dan bangunan yang di sewakan adalah merupakan contoh bagaimana aset di butuhkan dan di bangun.

Beruntungnya dalam era digital saat ini, membangun suatu aset dari nol tidak lah terlalu membutuhkan modal materi yang besar jika di bandingkan dengan membangun aset di ranah offline. 


Namun tentu saja tingkat kesulitan dalam membangun aset tersebut sama dengan membangun aset di dunia offline atau mungkin saja lebih sulit.

Tapi kabar baiknya adalah aset digital tersebut akan dapat memberikan pasif income dari internet untuk Anda. 

Tentu saja jika aset digital tersebut telah terbangun dengan baik. Dan ini tentu memerlukan waktu dan proses di dalamnya.

Membangun aset digital juga merupakan salah satu cara terbaik untuk Anda mengetahui tentang dunia digital marketing jika anda belum mengetahuinya.

Cara Membangun Aset Dari Nol


Beberapa cara yang dapat di lakukan dalam rangka membangun sebuah aset digital dari nol, sebagai salah satu cara untuk membangun aset kita di masa depan yang dapat kita coba lakukan adalah dengan cara membangun sebuah atau beberapa buah blog atau website, yang kemudian di dalamnya, memberikan konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca.

Cara lain yang dapat di gunakan dalam membangun aset digital adalah dengan cara membuat atau membangun sebuah atau beragam software untuk pc atau laptop dan aplikasi untuk iPhone atau Android. 

Contoh software dan aplikasi yang dapat di buat seperti software dan aplikasi untuk permainan atau game atau software dan aplikasi lain yang sekiranya bermanfaat untuk orang banyak. 

Jadi yang di maksud dengan cara membangun aset digital di sini tidak ada lain adalah setiap kegiatan usaha yang di lakukan dan di bangun di ranah online. 

Apapun yang di bangun atau di kerjakan dalam rangka untuk menciptakan penghasilan di ranah online pada hakikatnya adalah dalam rangka membangun aset digital.

Cara Membangun Aset Produktif Dengan Modal Kecil


Informasi yang kami sampaikan tentang cara membangun aset dalam bentuk digital ini adalah salah satu cara membangun aset produktif dengan modal kecil.

Cara membangun aset digital yang kami sampaikan adalah bagian dari cara membangun aset produktif dengan modal kecil. Sehingga siapapun anda yang memiliki kemauan untuk dapat membangun aset niscaya akan dapat melakukannya.

Silahkan simak artikel berikut ini agar anda dapat mengetahui lebih dalam tentang segala sesuatu mengenai cara membangun aset produktif di ranah digital dengan modal kecil.

Contoh Aset Digital

Untuk memberikan pengetahuan lebih lengkap kepada anda kami akan memberikan contoh aset digital yang dapat anda coba membangunnya.

Ada cukup banyak aset digital yang dapat anda coba untuk membangun. 5 contoh aset digital seperti di bawah ini adalah aset digital yang telah terbukti menghasilkan.

1. Blog atau situs
2. YouTube
3. Sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram
4. Cryptocurrency
5. Saham

Cara Membangun Aset Digital


Ada cukup banyak cara yang dapat dilakukan dalam membangun aset digital. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara membangun aset digital yang mudah, yaitu dengan cara: 

1. Membuat blog atau situs
2. Membuat channel youtube
3. Membuat akun sosial media

Cara membangun aset digital menggunakan media situs atau blog ini secara umum dapat di lakukan dengan cukup mudah, hingga cara membangun aset digital ini dapat di lakukan oleh siapa saja.

Cara Membangun Aset Digital Dengan Blog


Sejatinya di ranah online apapun yang kita lakukan adalah tergantung daripada jumlah pengunjung dan atau pengguna aplikasi dekstop atau mobile yang kita bangun. 

Kunci keberhasilan dalam membangun sebuah aset digital adalah berhasilnya sebuah blog/situs atau aplikasi mendapatkan jumlah pengunjung atau pengguna yang besar.

Sebagai contoh jumlah pengguna mesin pencari google lebih banyak daripada pengguna mesin pencari yahoo oleh karena nya secara otomatis penghasilan yang di dapatkan oleh Google, Inc lebih besar daripada apa yang di dapatkan oleh Yahoo.

Demikian pula dengan beragam situs media sosial seperti Facebook , Twitter, Instagram, Path, Reddit dan banyak lagi situs sosial media lainnya.

Dengan segala kekurangan dan kelebihan yang di miliki situs tersebut telah berhasil menciptakan sejumlah besar pengunjung yang loyal mengunjungi situs tersebut, sehingga kemudian pencipta situs sosial media tersebut mendapatkan penghasilan yang sangat besar.

Selain situs sosial media. Situs-situs lain yang cukup berhasil adalah seperti situs forum kaskus yang di miliki oleh orang Indonesia ini adalah suatu contoh bahwasanya kegiatan membangun penghasilan, dalam hal ini dengan membangun aset digital di ranah online sampai menghasilkan adalah suatu hal sangat memungkinkan.

Cara Membangun Aset Digital Dengan Youtube


Dari banyak cara lain dalam membangun aset digital membangun sebuah channel YouTube dapat juga anda lakukan dalam membangun aset digital anda.

Hampir tidak di perlukan modal besar secara finansial karena dalam membangun sebuah aset digital dengan menggunakan channel youtube yang Anda butuhkan hanya sebuah akun gmail, kuota internet dan smartphone atau laptop/PC.

Tidak jauh berbeda dengan cara membangun aset digital dengan blog setelah anda memiliki channel youtube yang harus anda lakukan adalah membuat konten dan melakukan promosi konten Anda agar semakin banyak pengunjung yang melihat channel youtube anda.

Perbedaan paling mendasar membangun aset digital menggunakan youtube dan blog adalah jika dalam membangun sebuah blog anda harus mengisi blog anda dengan artikel berupa tulisan dan gambar yang dapat juga di berikan video sementara untuk channel youtube anda harus membuat video untuk konten Anda.  

Membangun aset digital yang pada akhirnya akan mendatangkan pasif income melalui channel youtube ini tidak jauh berbeda juga dengan membangun aset digital dengan menggunakan blog di lihat dari prosesnya.

Semua memerlukan proses, waktu yang cukup lama, fokus dan persisten. Jika semua ini dapat anda lakukan maka memiliki aset digital dengan biaya murah akan anda dapatkan.

Setelah blog dan channel youtube anda memiliki jumlah pengunjung yang cukup besar di kisaran seribu pengunjung perhari maka anda telah dapat memulai untuk memonetisasi atau menguangkan blog dan channel anda dengan berbagai macam cara.

Cara menguangkan blog atau channel youtube yang cukup populer hingga saat ini adalah dengan cara bekerjasama dengan situs penampil iklan seperti google adsense. Cara kerja monetisasi ini adalah dengan cara menampilkan iklan di dalam blog dan channel youtube yang Anda miliki.

Cukup banyak cara lain dalam memonetisasi blog atau channel yang Anda miliki selain menampilkan iklan. Di antaranya adalah dengan cara menjadi afiliate, membantu memasarkan produk dan atau jasa orang lain atau dengan cara menjual produk dan atau jasa anda sendiri.

Cara Membangun Aset Digital Dengan Sosial Media


Cara lain dalam membangun aset digital produktif dengan biaya atau modal yang kecil bahkan gratis adalah dengan cara membuat akun sosial media.

Dalam hal ini anda dapat membuat akun sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter untuk dapat anda gunakan dalam membangun aset digital anda.

Untuk sosial media facebook anda harus membuat fans page, setelah anda membuat/memiliki akun facebook pribadi, di mana nantinya anda dapat memiliki aset digital dengan biaya murah bahkan gratis.

Cara menguangkan fp tersebut adalah dengan cara menampilkan iklan di dalam akun fans page Facebook anda.

Yang harus anda lakukan adalah membuat konten artikel dan atau video  original yang menarik. 

Setelah  anda mendapatkan jumlah like yang cukup, sekitar 10 ribu like, maka anda telah dapat memulai untuk menguangkan fans page anda.

Untuk Instagram dan Twitter sedikit berbeda caranya karena menggunakan sosial media seperti Instagram dan Twitter anda mendapatkan uang, setidaknya sampai artikel ini kami buat, tidak dengan cara menampilkan iklan di akun Instagram dan atau akun Twitter anda.

Menghasilkan uang dengan akun Instagram dan atau Twitter dapat anda lakukan dengan beragam cara. 

Di antara cara populer untuk menghasilkan uang dengan menggunakan akun Twitter dan Instagram adalah dengan cara menjual produk dan atau jasa anda sendiri atau dengan cara membantu pasarkan produk dan atau jasa orang lain.

Membangun aset digital dengan menggunakan akun sosial media seperti Instagram dan Twitter tidak jauh berbeda dengan membangun aset digital menggunakan akun Facebook. Keduanya juga membutuhkan konten berupa tulisan, gambar dan atau video kreatif dan original.

Membangun aset digital dengan cara membuat blog dan atau channel youtube dapat di lakukan oleh siapa saja nyaris tanpa biaya alias gratis. 

Walau tidak semudah membalikkan telapak tangan. Membangun aset digital dengan cara ini dapat di lakukan oleh siapa saja sepanjang ia memiliki kemauan.

Semua perlu proses dan waktu serta kreatifitas yang cukup untuk dapat menciptakan suatu penghasilan seperti mereka. 

Menurut kami, ada cara yang relatif mudah, yang hampir semua orang dapat melakukannya, sekalipun misalnya mereka tidak memiliki keahlian apapun.

Yang mereka perlukan hanyalah kemampuan untuk melakukan kegiatan browsing untuk menambah pengetahuan dan menulis dalam rangka membuat konten.

Dengan kemampuan tersebut mereka telah memiliki modal awal yang cukup untuk dapat menciptakan suatu aset digital yang kelak dapat menjadi salah satu sumber penghasilan.

Apakah cara tersebut? Tidak ada lain caranya adalah dengan membangun sebuah atau beberapa buah blog atau situs yang kemudian di isi dengan konten-konten artikel yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca. 

Kerjakan hal ini secara kontinue dan sungguh-sungguh. Semua butuh proses dan waktu. Selalu belajar dan terapkan apa yang telah dipelajari.

Jangan terlalu cepat berharap untuk dapat menghasilkan uang dari kegiatan ini. Kerjakanlah dengan ketekunan dan keseriusan yang tinggi. 

Jika hal ini Anda lakukan dengan baik dan fokus maka aset digital yang Anda bangun pada saatnya akan dapat menghasilkan seperti apa yang Anda harapkan.

Inti dari membangun aset digital produktif dengan biaya atau modal kecil di atas adalah bahwa semakin banyak subscriber, follower, dan atau pengunjung yang anda miliki maka potensi penghasilan yang akan Anda dapatkan  dari  aset digital anda akan semakin besar.

Dengan demikian pr terbesarnya adalah bagaimana membuat sebuah blog, situs, channel youtube dan akun sosial media yang telah di buat memiliki cukup banyak pengunjung, subscribers dan followers.

Jika anda memiliki goal atau tujuan akhir dari membangun sebuah blog dan atau youtube dapat di jadikan sebagai aset digital yang menghasilkan pasif  income anda harus membuat beragam artikel dan atau video yang memiliki kemampuan untuk dapat bersaing di mesin pencari.

Untuk mencapai tujuan agar aset digital dapat menjadi pasif income tidak lain adalah anda harus menerapkan SEO. Anda harus mengenal dan dan menguasai SEO, search engine optimization, dgn baik.

Dengan demikian blog dan atau channel youtube yang anda bangun akan tetap dapat memperoleh pengunjung tanpa harus bersusah payah melakukan promosi gratis maupun berbayar setiap hari di sosmed misalnya hanya untuk mendapatkan pengunjung.

Dengan mengetahui dan menerapkan SEO secara baik dan benar maka anda juga sebenarnya telah menabung untuk membuat digital aset anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Cara menabung digital aset yang paling mudah adalah dengan cara persisten dalam membuat konten berdasarkan kata kunci tertentu yang memiliki potensi untuk mendapatkan pengunjung.

Cara terbaik yang dapat anda lakukan dalam menabung untuk digital aset yang sedang anda bangun adalah dengan cara membuat konten berupa tulisan, artikel dan atau video dengan menggunakan optimasi SEO.

Tujuannya tidak lain adalah agar dalam upaya menabung digital aset tersebut dapat tercapai pasif income. Tentu hal ini membutuhkan proses dan waktu yang cukup.

Tidak mudah memang. Tapi jika di kerjakan, insyaallah tidak ada yang terlalu sulit untuk dapat dijalankan.

Investasi Aset Digital

Berapa besar modal uang yang di perlukan untuk melakukan investasi aset digital?? Jawaban kami adalah investasi aset digital hampir tidak di perlukan biaya.

Sumberdaya untuk terciptanya aset digital tersebut sudah ada. Tinggal kita ingin membangunnya atau tidak.

Siapa saja, sepanjang memiliki kemauan, memiliki potensi untuk dapat menciptakan penghasilan dari aset digital tanpa harus keluar modal uang.

Bahkan hanya bermodalkan sebuah handphone dan kuota aset digital sudah dapat di ciptakan.

Aset Digital Favorit dan Terbaik

Dari banyaknya aset digital yang dapat anda coba bangun, ada beberapa aset digital favorit dan terbaik yang dapat anda coba untuk miliki.

Apa yang kami sampaikan berkaitan dengan aset digital favorit dan terbaik adalah berdasarkan pengetahuan yang kami miliki. Orang lain mungkin akan memiliki pendapatnya sendiri.

Selain dari saham dan cryptocurrency yang dapat di anggap sebagai aset digital favorit dan terbaik saat ini adalah membangun aset digital dengan sumber daya yang telah di ciptakan oleh orang lain.

Apakah itu?? Sumber daya yang dapat di jadikan sebagai aset digital tersebut adalah blog atau situs dan sosial media. 

Mengapa blog, situs dan sosial media yang di kelola dengan baik hingga mampu menjadi aset digital di anggap sebagai aset digital terbaik dan menjadi favorit?

Jawaban untuk pertanyaan tersebut setidaknya memiliki 2 alasan penting.

1. Investasi aset digital murah
Membangun aset digital menggunakan blog, situs atau sosial media tidak memerlukan investasi uang yang besar.

Bahkan investasi aset digital dalam bentuk membangun blog, situs dan sosial media dapat di katakan hampir tanpa biaya.

Dengan modal handphone dan kuota membangun aset digital telah dapat di lakukan oleh bahkan siapa saja yang memiliki kemauan.

2. Cara membangun aset digital mudah 
Membangun aset digital menggunakan blog, situs atasi sosial relatif cukup mudah. Nyaris tidak di perlukan pengetahuan khusus di dalamnya. Siapa saja yang memiliki kemauan dan mau untuk terus belajar dapat melakukannya.

Bisnis Aset Digital

Sebagaimana telah di ketahui bahwa yang di maksud dengan bisnis aset digital adalah suatu bisnis yang di ciptakan atau di bangun di ranah digital. Bentuk aset digital tentu bermacam ragam sifatnya

Selanjutnya apakah aset digital dapat di jadikan suatu bisnis?? 

Sebagaimana aset konvensional, aset digital pun dapat menjadi atau di jadikan suatu bisnis oleh pemiliknya. 

Setelah suatu aset digital menjadi relatif mapan dalam menghasilkan uang maka aset digital tersebut dapat digandakan atau di perbesar ke tingkat yang di inginkan hingga mampu menjadi suatu bisnis.

Demikianlah semua bisnis dapat tercipta. Di dalamnya bisnis aset digital.

Seluruh informasi yang kami sampaikan di atas adalah cara membangun aset supaya mendapatkan passive income di ranah online yang telah terbukti menghasilkan.

Untuk mengetahui teknis lebih lanjut tentang cara membangun aset supaya mendapatkan passive income yang telah terbukti menghasilkan silahkan ikuti blogging mentoring high class kami.

Masih cukup banyak cara lain yang dapat anda gunakan untuk membangun passive income di ranah online. 

Yang perlu kami ingatkan adalah bahwa sebenarnya tidak ada cara membangun aset supaya mendapatkan passive income yang benar-benar pasif.

Untuk mendapatkan passive income dari internet anda harus mau belajar, mengeluarkan dana cukup, bekerja keras, cerdas dan terus mau belajar.

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga, mengawasi aset bisnis yang telah anda bangun agar tetap produktif dan terus dapat menghasilkan pasif income.

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang cara membangun aset digital. Semoga bermanfaat. Salam sukses!

4 komentar untuk "Cara Membangun Aset Digital"

  1. Artikel yang menarik.... Kunjungi blog saya juga yah undivided.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana cara nya iklan 2 itu tampil di blog anda. Dan apakah anda bisa mendapat kan uang dari iklan itu?

      Hapus
    2. Ikut program google adsense. Caranya ada di blog ini

      Hapus