Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Algoritma Alexa berubah

Hari ini adalah hari terakhir puasa ramadhan 1436 H atau tanggal 16 bulan juli 2015. Pada kesempatan kali ini penulis akan menuliskan sebuah artikel yang berjudul algoritma alexa.com berubah. Mengapa penulis merasa harus menuliskan tentang hal ini? Tidak ada hal lain adalah karena sedikit banyaknya penulis merasakan heran karena blog pribadi penulis ini mengalami penurunan, kenaikan dan penurunan kembali rank alexa.
Secara pribadi penulis belum terlalu faham mengenai pentingnya rank alexa. Dari penelusuran penulis via google, ada bermacam pendapat tentang alexa rank, yang muaranya ada 2 macam pendapat. Pendapat pertama menyatakan bahwasanya posisi atau peringkat alexa rank adalah cukup penting bagi sebuah blog karena peringkat ranking alexa merupakan salah satu tanda baik untuk membuat sebuah blog atau situs meraih peringkat yang baik di penelusuran mesin pencari. Yang kemudian mengindikasikan bahwa semakin kecil angka sebuah alexa rank maka akan semakin besar pula pengunjung ke dalam suatu blog atau situs.

Pendapat kedua menyatakan bahwasanya peringkat alexa rank tidak lah terlalu penting. Walaupun memang peringkat alexa rank adalah salah satu hal yang di gunakan oleh google untuk memberikan prioritas terhadap sebuah blog atau situs untuk dapat berada di halaman pertama penelusuran mesin pencari google.


Namun hal tersebut bukan berarti menunjukkan bahwasanya semakin kecil peringkat alexa rank di suatu situs atau blog menandakan bahwa blog atau situs di maksud mendapatkan kunjungan yang lebih banyak di bandingkan dengan sebuah situs atau blog yang memiliki peringkat alexa rank yang besar. Karena hal demikian tergantung daripada algoritma alexa itu sendiri.

Lebih dari itu hal demikian dapat terjadi karena mesin pencari google sendiri selalu memperbaharui algoritma pencarian mesin pencarinya. Oleh karenanya kecil atau besarnya peringkat alexa rank tidak sebanding lurus dengan banyak atau sedikitnya pengunjung ke dalam suatu blog atau situs.

Salah satu hal yang membuat mesin pencari google senantiasa memperbaharui algoritmanya adalah karena google bermaksud  untuk dapat memberikan pengalaman yang terbaik dan lebih baik kepada seluruh para pengguna mesin pencarinya.

Kembali kepada judul tulisan, algoritma alexa berubah. Judul artikel tersebut adalah sebuah pernyataan dari penulis karena rasa heran penulis di sebabkan beberapa waktu yang lalu blog pribadi ini memiliki peringkat alexa rank di kisaran 1 jutaan. Tidak lama kemudian berubah menjadi belasan juta. Terakhir berubah kembali menjadi 8 jutaan dan saat tulisan ini kami posting berubah kembali berada di peringkat 10 jutaan alexa rank. Hal ini lah yang menyebabkan mengapa penulis merasa perlu untuk menuliskan artikel ini.  

Sampai saat ini penulis tidak mengetahui secara jelas dan pasti apa yang menjadikan blog pribadi ini mengalami kenaikan dan penurunan peringkat alexa rank yang cukup jauh dari peringkat awal. Sejauh ini pageviews dari blog ini tetap stabil dan update postingan pun relatif stabil. Dengan demikian penulis cenderung untuk sependapat dengan kelompok yang menyatakan bahwasanya sebuah peringkat alexa rank adalah cukup penting namun bukan pula yang terpenting.

Selain itu penulis juga tidak ingin suudzhon/buruk sangka kepada orang lain. Apakah mungkin hal ini di karenakan ada orang yang tidak menyukai blog ini kemudian menggunakan software-software untuk memanipulasi pengunjung seperti software jigling umpamanya?? Yang kemudian menjadikan peringkat alexa rank blog pribadi ini terjun bebas, naik turun tidak stabil.

Yang jelas, sejauh ini yang penulis rasakan memang ada sedikit keanehan tentang naik turunnya peringkat alexa rank di blog pribadi ini namun penulis tetap berusaha untuk menerimanya seperti biasa dan apa adanya. Yang terpenting pengunjung dari blog ini tidak terlalu berubah, masih seperti sedia kala bahkan ada sedikit kenaikan. 

Semoga saja naik turunnya peringkat alexa rank di blog sederhana ini tidak lah terlalu signifikan pengaruhnya terhadap ranking blog ini di penelusuran mesin pencari. Jika Anda pembaca blog ini memiliki pengalaman tentang berubahnya peringkat alexa rank di blog atau situs yang Anda miliki. Dengan senang hati kami tunggu komentarnya di kolom komentar. Terima kasih

Update :
19 Juli 2015; Peringkat Alexa Rank menjadi kisaran 5 jutaan. Sungguh perubahan yang sangat signifikan

2 komentar untuk "Algoritma Alexa berubah"

  1. wahh sama gan, alexa rank ane tiap harinya terjun bebas, dalam seminggu ini aja turunnya ga kira-kira gan, dari 900ribuan sampe skrg 4,9 jutaan, parah gan, padahal jumlah pengunjung meningkat hampir 2 kali lipatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas testimoni nya, Mas. Sepertinya algoritma alexa.com memang benar-benar berubah. Penggunaan software-software yang di tujukan untuk meningkatkan peringkat alexa rank boleh jadi sudah tidak berguna lagi. Salam

      Hapus