Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Jadi Jutawan Tanpa Modal? Jangan Mimpi!

Anda ingin jadi jutawan tanpa modal?? Jangan mimpi! Menjadi jutawan tanpa modal hanya iming-iming kosong dari promosi, dalam bentuk apapun, yang di besar-besarkan.

Untuk dapat menjadi seorang jutawan setidaknya anda memerlukan modal sebuah smartphone dan kuota internet, jika anda ingin membangun bisnis online, yang cukup. Tidak kah ini dapat di sebut sebagai modal??

Apalagi jika anda ingin membangun suatu bisnis offline. Modal finansial jelas di butuhkan dan itu tidak sedikit. Walau tentu modal finansial yang di butuhkan tergantung dari skala bisnis yang akan anda bangun.


Tapi setidaknya anda harus menyiapkan tempat, lokasi usaha, untuk anda dapat membangun sebuah bisnis offline. 

Sekalipun tempat tersebut hanya anda sewa misalnya anda tetap harus memiliki modal finansial yang cukup untuk dapat menyewa lokasi untuk bisnis Anda.

Belum lagi jika anda harus menyiapkan perijinan formal yang cukup. Membuat produk, menyiapkan karyawan, membuat plang nama bisnis, spanduk, banner dan lain sebagainya.

Lebih penting dari itu adalah bahwa untuk dapat menjadi seorang jutawan Anda memerlukan pengetahuan yang cukup dan waktu untuk dapat mengetahui, memahami sekaligus mampu menerapkan pengetahuan yang telah Anda dapat ke dalam suatu bisnis.

Semakin besar bisnis dan penghasilan yang anda inginkan maka pengetahuan tentang bisnis, jaringan bisnis, finansial dan lain sebagainya akan semakin besar pula anda butuhkan.

Kini tanyakan pada diri anda berapa banyak uang yang telah anda dapatkan secara online atau offline selama ini melalui bisnis anda? Apakah benar-benar ada jutawan di internet?

Pertanyaan pertama harus anda jawab dengan jujur.

Alih-alih anda berharap kosong untuk mampu menjadi seorang jutawan pada saat anda sama sekali belum pernah mendapatkan uang dari bisnis anda, Sebaiknya anda mencurahkan segenap waktu dan energi anda untuk terlebih dahulu mencari pengetahuan yang cukup tentang itu.

Untuk pertanyaan kedua jawabannya tentu saja ada. Akan tetapi apakah masuk akal untuk mengharapkan Anda dapat menjadi salah satu dari mereka.

Menjadi Jutawan Online


Jangan biarkan hype seputar munculnya peluang untuk menjadi jutawan di internet menyebabkan Anda kehilangan akal sehat.

Menjadi seorang jutawan berarti ia dengan secara efektif dapat menilai kebutuhan suatu pasar dan memiliki produk dan atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Internet dapat sangat memperluas cara Anda untuk menjual suatu produk atau jasa. Namun tidak semua orang dapat melakukannya.

Beberapa orang telah dapat menggunakan internet untuk membuat banyak uang. Banyaknya tidak.

Beberapa perusahaan yang beroperasi hanya di internet juga telah mampu membuat pendiri perusahaan tersebut menjadi seorang jutawan. Tapi mayoritas juga tidak.

Sebelum era internet datang sistem lelang sudah ada, tapi itu bukan eBay.

Dengan ribuan item yang dijual setiap hari, masing-masing item membuat keuntungan untuk eBay, tidak ada keraguan bahwa pendiri eBay menjadi jutawan online.

Sebelum internet ada toko buku, tetapi itu bukan Amazon.com. Amazon sekarang adalah lawan besar dari toko buku tradisional. Apakah anda berharap anda adalah pendiri Amazon?

Jutawan online memulai membangun usaha ideal mereka dengan kepercayaan tinggi pada diri mereka sendiri. Mereka menemukan cara untuk dapat mengatur diri mereka secara terpisah dari masalah yang lain.

Seperti jutawan dunia nyata, mereka sering memiliki cukup keyakinan dalam ide-ide mereka bahwa mereka mempertaruhkan uang mereka sendiri dan bahkan mencari dana tambahan dari tempat lain.

Setelah mereka memulai, mereka membuat diri mereka cukup besar agar kompetitor tidak mengancam mereka.

Jutawan online sering memulai bisnis dari awal sebelum sesuatu itu ada. 

Sebagai contoh, sekarang ada eBay, orang sering lupa bahwa ada situs lelang online lain.

Contoh lain adalah satu-satunya kompetitor nyata toko Amazon adalah toko buku tradisional yang selalu ada. Karena untuk saat ini situs lain semacam Amazon tidak mampu melawan.

Jika Anda ingin menjadi jutawan online, pikirkan kebutuhan pasar yang sebagian besar masih tidak terpenuhi.

Setelah itu, Anda harus percaya pada ide Anda tersebut untuk cukup memiliki keberanian dalam mengambil beberapa risiko keuangan.

Jika tidak berhasil, Anda kehilangan investasi Anda. Jika berhasil maka Anda mungkin akan dapat bergabung dengan jajaran jutawan online yang telah ada.

Sekarang, apakah Anda siap untuk menjadi seorang pengusaha?

Hampir setiap saat banyak orang akan menjawab "YA" untuk pertanyaan tersebut.

Setiap tahun akan ada juga yang menjawab bahwa di perlukan banyak biaya, uang, waktu, dan kepercayaan diri untuk dapat memulai membangun sebuah bisnis.

Data mengatakan bahwa ada ratusan ribu usaha kecil baru yang dibuka setiap tahun. Jumlah itu tidak termasuk usaha perseorangan yang muncul setiap hari. Namun dua pertiga dari bisnis baru tersebut hanya dapat bertahan dua tahun dan 44 persennya bertahan dalam empat tahun.

Dua faktor kunci dalam kelangsungan suatu bisnis dan kemampuan untuk dapat berkembang adalah tingkat pendidikan pemilik bisnis dan alasan pemilik untuk memulai perusahaan di tempat pertama.

Kedua alasan tersebut mungkin banyak dari kita yang belum tau ada bahkan lupa. Padahal keduanya sangat penting ada agar suatu bisnis dapat terus bertahan dan berkembang.

Yang di maksud dengan dengan alasan dalam membangun bisnis kami rasa cukup jelas. Hal tersebut menyangkut dengan visi dan misi dari pemilik suatu bisnis. Kegigihan di dalamnya.

Sementara alasan pendidikan bukan semata-mata tentang pendidikan formal. Melainkan pendidikan berkelanjutan tentang dunia bisnis dengan segala pernak-perniknya.

Pengetahuan tentang finansial, pemasaran, promosi, pemasaran digital, cash flow dan banyak lagi lainnya adalah pengetahuan yang wajib untuk di miliki segenap pebisnis.

Bagaimana Anda dapat memastikan bahwa Anda berada di antara pemenang daripada pecundang dalam permainan ini jawabannya ada di dalam diri Anda.

Anda harus bertanya kepada diri anda sendiri empat pertanyaan kunci untuk menentukan apakah bisnis kecil Anda sendiri akan dapat bertahan dan berkembang.

4 Persiapan Jadi Pebisnis Jutawan


1. Apakah Anda Siap?
Apakah Anda secara mental telah mempersiapkan diri untuk beralih dari karyawan (atau siswa atau label apa pun yang cocok untuk Anda saat ini) menjadi seorang bos?

Anda akan menjadi orang yang membuat keputusan tentang segala sesuatu, dari produk maupun hal-hal lain di luar produk.

Kontrol total ini adalah salah satu kekuatan pendorong di belakang banyak orang yang berani mengambil risiko untuk memulai bisnis mereka sendiri.

Akan tetapi hal ini juga dapat menjadi salah satu elemen yang mendorong seorang pengusaha baru menjadi "gila".

Ketika Anda mulai, di luar ada cukup banyak daftar tak berujung keputusan yang perlu dibuat dan pertanyaan-pertanyaan baru yang muncul setiap hari.

Bahkan yang lebih penting adalah Anda perlu untuk mengingat bahwa dalam bisnis kecil yang baru Anda mulai anda akan memakai banyak "topi".

Bahkan jika Anda telah berhasil memulai dengan satu atau lebih karyawan, anda masih harus memenuhi lebih dari satu peran dalam bisnis baru Anda.

Anda dapat saja menjadi seorang administrator, petugas pemeliharaan peralatan, salesman dan CEO sekaligus.

Dapatkah Anda menangani peralihan tugas ke tugas yang lain dan peran seperti itu? Apakah Anda bersedia untuk melakukan hal tersebut?

Demikian pula, sudahkah Anda mempersiapkan keluarga dan teman-teman Anda untuk beralih dalam sikap mereka.

Hidup Anda akan berubah, mungkin cukup drastis, dan perubahan itu dapat memiliki dampak positif atau negatif pada kehidupan keluarga dan interaksi sosial Anda.

Hal ini perlu anda pikirkan karena segalanya lebih mudah jika teman dan keluarga Anda mendukung dalam prosesnya.

2. Di mana Niche Anda?
Apakah Anda telah mengidentifikasi niche Anda? Salah satu alasan mengapa banyak bisnis gagal adalah bahwa mereka gagal untuk fokus pada target audiens.

Jika Anda pemilik usaha besar maka Anda dapat menjual segala sesuatu dari kacang ke wallpaper. Tetapi jenis bisnis ini membutuhkan sumber daya luas yang tidak tersedia untuk bisnis kecil.

Tetapi usaha kecil tetap dapat mendominasi pasar dengan menemukan pendekatan ceruk pasar yang berbeda.

Mengetahui niche Anda berarti Anda lebih mampu menemukan, menargetkan, dan memelihara pelanggan Anda serta menyediakan barang dan layanan terbaik kepada basis pelanggan itu.

Fokus itu adalah salah satu kesempatan terbaik Anda untuk tidak hanya bertahan tetapi dapat berkembang di pasar yang sangat kompetitif.

3. Apa Rencana Aksi Anda?
Faktor kunci lain dalam kelangsungan hidup dan keberhasilan suatu bisnis adalah berapa banyak perencanaan yang Anda lakukan sebelum Anda membuka bisnis online atau bisnis offline Anda. 

Anda perlu memutuskan apakah bisnis Anda akan didasarkan pada internet atau termasuk model bisnis yang lebih tradisional.

Apakah Anda akan bekerja penuh dalam membangun bisnis baru Anda? Apakah Anda akan menyewa karyawan? Apakah Anda menulis rencana bisnis Anda?

Ketiga pertanyaan di atas adalah pertanyaan-pertanyaan penting yang harus anda jawab sebelum anda mulai membangun bisnis anda.

Berpikir dan merencanakan apa yang akan anda lakukan dalam bisnis sebelum anda memulai akan dapat membantu menghemat banyak waktu anda ketika anda sibuk dan masalah menyerang.

Perencanaan juga dapat membantu Anda untuk tetap fokus dalam menyeimbangkan pengeluaran dan waktu Anda.

4. Siapa yang akan Anda panggil?
Pada titik tertentu, tidak peduli seberapa berpengalaman bisnis Anda, Anda tetap akan membutuhkan bantuan. 

Anda akan memerlukan dukungan, saran, alat, atau informasi, atau semua hal di atas dari orang lain.

Salah satu aspek pertumbuhan yang indah, dan paling menakutkan adalah bahwa hal itu dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang tidak pernah Anda bayangkan.

Tidak peduli berapa banyak perencanaan dan pengalaman yang Anda bawa ke posisi baru Anda sebagai CEO, hal-hal yang tak terduga pasti akan muncul.

Bagaimana cara Anda mengatasi hal ini? Penting untuk mengakui bahwa tidak ada bisnis yang mudah. Jangan takut untuk mencari bantuan.

Kegagalan adalah ketika bisnis Anda ditutup karena Anda tidak mendapatkan bantuan pada saat yang tepat ketika Anda membutuhkan.

Cara terbaik untuk mendapatkan bantuan tepat waktu adalah dengan cara bekerja pada sistem dukungan Anda pada saat Anda mulai bekerja untuk membangun bisnis Anda.

Dengan begitu Anda sudah memiliki daftar sumber daya siap yang tersedia yang dapat Anda gunakankan dengan cepat saat keadaan darurat tiba.

Saat ini ada cukup banyak sumber daya luar biasa yang tersedia bagi Anda, tidak peduli apa model bisnis Anda, untuk dapat anda pelajari.

Di dalamnya seperti:
- Publikasi (newsletter, majalah, buku)
- Orang-orang (penasihat profesional, mentor, guru, konsultan)
- Jaringan (organisasi dan forum di niche Anda serta bisnis umum dan pemasaran)
- Pendidikan dan pelatihan bisnis (tutorial, kursus, dan seminar)

Setelah Anda menjawab empat pertanyaan kunci ini Anda sekarang siap untuk bertanya pada diri sendiri satu pertanyaan besar lagi. 

Apakah Anda siap untuk memulai bisnis Anda sendiri?

Jika Anda ingin menjadi jutawan online, ingin menjadi jutawan muda hilangkan mindset atau pola pikir ingin menjadi jutawan dengan cepat atau segera.

Tidak ada cara menjadi jutawan dengan cepat. Tidak ada ceritanya anda dapat menjadi jutawan muda jika anda selalu menunda. 

Cara tercepat untuk dapat menjadi seorang jutawan adalah dengan cara cepat belajar, cepat mencoba. Terus belajar dari kegagalan dan jangan takut untuk terus mencoba setelahnya.

Tidak ada satupun jutawan dunia yang tidak pernah mengalami kegagalan. Bahkan dari kegagalan tersebut mereka belajar.  Mereka mau terus belajar, tidak takut mencoba.

Tetap semangat. Salam sukses!

Posting Komentar untuk "Mau Jadi Jutawan Tanpa Modal? Jangan Mimpi!"