Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Platform Blogging Terbaik. Blogspot vs Wordpress

Dua tahun lebih blog ini terbengkalai karena kesibukan sehari-hari dan kurangnya kemampuan untuk menuliskan apa yang telah di dapat dari berbagai sumber, baik itu dari dunia nyata maupun maya.

Tulisan kali ini akan mengangkat masalah perbedaan antara Ngeblog di Wordpres dan Blogspot. 

Bagi kami sebagai pemula yang pertama mengenal dunia blogging dari blogspot atau blogger, walaupun ada blog saya yang memakai platform wordpress.


Sampai saat ini kami merasa melakukan kegiatan blogging menggunakan platform blog blogspot adalah yang terbaik untuk kami di karenakan beberapa hal :
1. Kami dapat mengubah-ubah format blog sebanyak yang saya mau
2. Sebagai pemula di jagat bisnis online kami dapat mengexplore blog kami lebih baik.
3. Yang lebih penting adalah kami dapat belajar untuk mendapatkan penghasilan online dari blogspot tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Tentu pendapat kami ini subyektif sifatnya, karena blogger senior mungkin lebih banyak yang memilih untuk menggunakan platform wordpress di blognya. 

Di masa depan boleh jadi kami pribadi pun akan menjadikan atau membuat blog menggunakan platform blog berbayar.

Mohon maaf kepada senior, karena pendapat ini saya utarakan dari sudut pandang blogger pemula

Pada artikel selanjutnya, insyaallah saya akan membuat tutorial ngeblog dengan blogspot, dari berbagi sumber yang saya dapatkan. Semoga bermanfaat.

* Update
Sampai saat ini saya masih lebih menyukai ngeblog dengan menggunakan platform Blogspot di bandingkan platform wordpress. Pertimbangan saya adalah masalah kemudahan pengaturan atau kustomisasi template/tampilan di blog khususnya bagi blogger newbie seperti saya dan efisiennya bila suatu saat blog saya ini domainnya akan saya TLD kan. Walaupun tidak saya pungkiri saat ini, saya pun memiliki blog dan website yang berplatform wordpress.

Di blogspot bila anda ingin menjadikan blog anda menjadi memiliki Top Level Domain (seperti .com. co.di, .org, dlsb) anda  tidak perlu mengeluarkan biaya hosting lagi pertahunnya karena hosting tetap dapat di blogspot.  Cukup mengeluarkan biaya pertahunnya sekitar Rp. 100.000,- an /tahun. 

Hal ini tentu berbeda bila anda menggunakan platform wordpress, selain anda harus mengeluarkan biaya untuk sewa domain, anda pun harus menyewa hosting walaupun ada juga hosting gratis, tentu dengan segala kekurangannya.

Toh.. saya tidak atau setidaknya saya belum melakukan secara intensif upaya-upaya mencari penghasilan di dunia online. Jadi sampai saat ini blogspot adalah platform favorit saya :)  

2 komentar untuk "Platform Blogging Terbaik. Blogspot vs Wordpress"